PENDAFTARAN CALON TARUNA BARU TAHUN 2011 SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA


  • Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug – Tangerang, membuka kesempatan bagi Pemuda/Pemudi terbaik warga negara Indonesia yang ingin bergabung menjadi Taruna/taruni untuk dididik menjadi SDM di bidang penerbangan yang berkualitas dan Profesional.
  • Ayo segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Taruna (SIPENCATAR) Diklat pembentukan Perhubungan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Tahun akademik 2011/2012.
  • Informasi dan penjelasan dapat menghubungi (021) 5982204/5982205
  • Bagian Penerimaan Taruna STPI ext 527 email : sipencatar@stpicurug.ac.id atau
  • Humas STPI ext. 519 email : humas@stpicurug.ac.id

A. PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia berumur tidak lebih dari 23 tahun pada bulan September 2011 (kelahiran sebelum September 1988 tidak memenuhi syarat).
  2. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan.
  3. Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata dan tidak buta warna.
  4. Memiliki tinggi badan minimum, Pria 160 cm, wanita 155 cm. Khusus Penerbang : Pria 167 cm, Wanita 165 cm.
  5. Sanggup mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama dalam pendidikan.


B. JURUSAN YANG DIBUKA DAN PERSYARATAN IJAZAH

1. D.II Penerbang Sayap Tetap (PNB-ST)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

2. D.II Penerbang Sayap Putar (PNB-SP)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

3. Non Diploma Teknik Pesawat Udara (ND-TPU)

  • Bersubsidi (GMF)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

4. D. IV Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara (TNU)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

5. D.III Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

6. D.III Penerangan Aeronautika (PA)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

7. D.III Komunikasi Penerbangan (KP)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi

8. D.III Operasi Bandar Udara (OBU)

  • Bersubsidi (Pemerintah)

Persyaratan :

  • SMU/ MADRASAH ALIYAH : IPA
  • SMK : Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan, Telekomunikasi, Akuntansi

C. TEMPAT PENDAFTARAN

  1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug-Tangerang. Tlp. 598 2204 / 05 Ext 527. (ONLINE)
  2. Akademi Teknik & Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya, Jln. Jemur Handayani 1/73 Wonocolo Surabaya. Tlp. 031-8410871.
  3. ATKP Medan, Jln. Penerbangan No.85, Padang Bulan KM. 8.5 Medan. Tlp.061-8360675, Fax. 061-8367965.
  4. ATKP Makasar, Jln. Poros Makassar-Maros, Km 25 Mandai Sulawesi Selatan 90552. Tlp. 0411-373212.
  5. Balai Diklat Penerbangan Palembang Jl. Adi Sucipto Talang Betutu Palembang 30155 Tlp.0711-410930.
  6. Balai Diklat Penerbangan Jayapura Jl. Kayu Batu No. 6 Jayapura 99117 Po Box 1324, Tlp. 0967- 541049.
  7. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Jl. Singosari No. 2A Semarang, Tlp.024-8311527.
  8. Balai Diklat Transportasi Darat (BPPTD) Tegal Jl. Semeru No.3 Tegal Tlp.0283-351061.
  9. BPPTD Bali Jl. Batu Hyang No. 109X Batu Bulan, Gianyar Bali, Tlp. 0361-291103.
  10. Balai Diklat Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong Jl. Tanjung Saoka No. 1 Distrik Sorong Barat, Tlp.08179152858.
  11. Dinas Perhubungan Prov. Kalimantan Barat Jln. Adi Sucipto Km. 9,2 Pontianak Tlp. 0561-722913, 721466.
  12. Dishubkominfo Prov. Kalimantan Tengah Jl. S. Parman No. 1 Palangkaraya, Tlp. 0536-3221090.
  13. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Tenggara Jl. Sultan Hasanuddin No. 63 Kendari, Tlp. 0401-3123704/3129089.
  14. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No.35, Manado Tlp. 0431-867052.
  15. Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara Timur Jl. Palapa No. 17 Kupang Tlp.0380-833691/831321. Fax. 0380-831753.
  16. Dinas Perhubungan Prov. Maluku Jl. Raya Pattimura No. 21 Ambon Tlp. (0911) 341356
  17. Dinas Perhubungan Prov. Riau Jl. Jend. Sudirman No. 474 Pekanbaru Riau 28126 Tlp. (0761)33662
  18. Dishubkomintel Prov. NAD Jl. Mayjen T. Hasan Bendahara No. 52 Kotamadya Banda Aceh Prov. Aceh Tlp. (0651) 2211022106, 7554635, 31757

D. CARA MENDAFTAR

  1. Peserta dapat mengakses ke Website STPI http://www.stpicurug.ac.id
  2. Membayar uang pendaftaran Rp. 75.000,-(Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) di setor kepada PT. Bank BNI Tbk. Kantor Cabang Tangerang. Atas nama Rekening Bendahara Penerimaan SPPL Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Nomor 0019697465.
  3. Melengkapi persyaratan Administrasi berupa :
  • Bukti pembayaran uang pendaftaran asli.
  • Foto copy STTB / Ijazah 1 lembar.
  • Foto copy STK(Surat Tanda Kelulusan)/Daftar NEM 1 lembar
  • Bagi yang masih duduk di kelas III SLTA, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN
  • Foto copy Akte kelahiran 1 lembar.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • Foto copy Surat keterangan Belum Menikah dari Kelurahan 1 lembar.
  • Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar, berwarna latar belakang merah.
  • Semua berkas dimasukkan kedalam stofmap folio warna Merah (D.II PNB-ST, D.II PNB-SP), Biru (TPU NON DIP, D.IV TNU), Kuning (D.III PLLU, D.III PA, D.III KP) dan Hijau (D.III OBU).

E. TAHAPAN SELEKSI

  • PROGRAM STUDI NON PENERBANG
  1. Pendaftaran 21 Februari – 25 Juni 2011
  2. Tes Potensi Akademik 28 Juni 2011
  3. Pengumuman Tes Potensi Akademik 08 Juli 2011
  4. Seleksi Kesehatan 11 s.d 20 Juli 2011
  5. Seleksi Kesamaptaan 11 s.d 20 Juli 2011
  6. Seleksi Psikotes 11 s.d 20 Juli 2011
  7. Seleksi Wawancara 1 s.d 20 Juli 2011
  8. Pengumuman Kelulusan 01 Agustus 2011
  9. Masuk Asrama September 2011
  • PROGRAM STUDI PENERBANG
  1. Pendaftaran 21 Februari – 25 Juni 2011
  2. Tes Potensi Akademik 28 Juni 2011
  3. Pengumuman Tes Potensi Akademik 08 Juli 2011
  4. Seleksi Kesamaptaan11 s.d 20 Juli 2011
  5. Seleksi Psikotes 11 s.d 20 Juli 2011
  6. Seleksi Wawancara 11 s.d 20 Juli 2011
  7. Seleksi Kesehatan I 11 s.d 20 Juli 2011
  8. Pengumuman Tahap I 01 Agustus 2011
  9. Seleksi Kesehatan II (Balai Kesehatan Penerbangan) Mulai 08 Agustus 2011
  10. Pengumuman Tahap II 26 September 2011
  11. Tes Bakat Terbang Mulai 10 Oktober 2011
  12. Pengumuman Kelulusan Januari 2012
  13. Masuk Asrama Januari 2012

Sumber : INFO TERBARU SIPENCATAR STPI CURUG

About these ads

134 responses to “PENDAFTARAN CALON TARUNA BARU TAHUN 2011 SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA

    • masa pendidikan tergantung jurusan yang kita ambil, diploma 3 sekitar 3 tahun, diploma 4 sekitar 4 tahun……..biasanya setelah lulus langsung diterima bekerja di instansi perhubungan, atau perusahaan penerbangan, :) tergantung jurusannya…

    • ^_^ , pada umumnya untuk masuk stpi itu melalui jalur test, jalur nya ada test akademik, psikotest, kesehatan, dan lain-lain……snmptn …sepertinya belum pernah, sebab stpi melakukan ujian bersama dengan sekoalh sekolah di bawah kementrian perhubungan setiap tahunnya, kalau pmdk ?? saya belum pernah dengar…:)

    • asep :
      tahun 1998 saya daftar tapi tiap tes bayar gimana sekarang ?

      kalo tiap tes bayar pasti yang masuk orang berduit tebal tebal semua karena saya 1998 tes yang mengikuti hampir 80 % dari tiap jurusan yang di pilih

  1. maaf, saya peljar kelas XII SMA. bermnat untuk ke STPI . kalau di palembang ikut testnya dimana ya?
    terima kasih

    • mudah-mudahan masih sama seperti tahun lalu, atau ga jauh beda ya …

      biasanya , seperti lari keliling lapangan 12 menit , psuh up, sit up, pull up , dan lain2 yang sejenis ….

      semua jurusan ada test samaptanya :)

  2. kagg,,pEndaftaran STPI 2012 kapan di buka?
    kalo daftar.nyya dr medan dimana.nyya alamat.nyya?
    oh,iya tes kesemaptaan.nyya untuk cewekk itu seperti tes kesemaptaan untuk polri ada push.up,chinning,berenang,shuttelrun dll ya kagg?
    tolong di jelaskan ya kagg?
    terma kash.

  3. kak kalau smk jurusan adminitrasi perkantoran bisa gak masuk ?
    dan kalau cewek cocok nya ambil jurusan apa ya kak?…..

  4. kapan pendaftaran ATKP SURABAYA? dan apa ajah syarat syaratny???? dan sistem pendaftrannya..tolong bantu bantu ya

  5. STPI kan sekolah kedinasan, apakah setelah lulus dari STPI akan ada perjanjian masa ikatan dinas dan langsung disalurkan pekerjaan ? khususnya jurusan penerbang. Terima kasih

  6. kak..?
    kalau mau ambil jurusan pilot pesawat tu apa namanya,
    dan saya masih kelas 3 apakah saya bisa mendaftar..?

  7. kak, misalny stelah masuk
    D -III bgian PLLU, materi yg d plajari d dlam nant apa aja ?
    Dan jga D -III bgian PA, materi yg d plajari d dlam apa aja ?

  8. kak kalau kita daftar melalui ATKP medan
    lalu semua tes nya, di lakukan di ATKP medan atau di STPI.
    kalau di STPI kapan kesana nya kak ?

  9. Maaf kak, kalau mau jadi ATC ( Air Traffic Controller ) itu jurusan apa D III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara ( TNU ) atau D III Pemanduan Lalu Lintas Udara
    I Want to be ATC-Man :)

  10. maaf kak, kalau jadi Air Traffic Controller ( ATC ) itu Teknik Navigasi Udara atau Pemanduan Lalu Lintas Udara.
    I Want to Be ATC-Man hehehe :)

    • subsidi GMF , setelah lulus , umumnya akan bergabung dengan GMF , subsidi pemerintah , setelah lulus menyesuaikan dengan peluang2 yang ada, bisa di kemenhub, angkasa pura , airnav indonesia, perusahaan penerbangan lainnya :)

  11. hy kak_
    mau nnya, klw jurusan penerbangan kn ada tes bakat terbang… trz klw kita yg jurusan ipa_kn blum pernah nerbangin pesawat. trz nnti kita nerbanginnya gmna????

  12. Ass.. ka’.aku mu tanya di mana tempat pendaftaran untuk daerah palembang ? terus apakah seorang perempuan bisa menjadi tarunu di STPI. terimakasih

  13. Asslmlaikum,,, kak lw bt th akademik 2013/2014 pndaftarany mlai kpn ya ? 0ia lw tes psikotes,tntang ap ya kak ? N tes akademikny ap aj ? Tl0ng d jlasin ya kak, trima ksh

  14. saya ngeliat dari persyaratan di atas kok dari jurusan iPA semua YAA??? sedangkan saya dari IPS. kira-kira yang dari IPS bisa masuk gak,,????

  15. Kak, saya mau tanya , kalau u/ daerah kepulauan riau ikut tes yang terdekat u/ masuk STPI itu dimana? Terus berapa batasan nilai UN atau sejenisnya untuk bisa masuk di STPI?
    Terima kasih n mohon kerja samanya ..

  16. ass. ka” saya kelas XI jurusan IPA, kalo bagian manajemen itu nanti kerjanya di bagian mana ya kak? kesempurnaan fisik di utaman nggk? soalnya pergelangan tangan saya sedikit bermasalah, mohon balasannya… trim’s

    • subsidi itu bukan berarti gratis semua, tapi pemerintah membantu meringankan beban biaya yang akan ditanggung calon taruna selama pendidikan, misalnya , yang seharusnya bayar 80 juta atau lebih sampai lulus , jadinya hanya bayar uang makan atau uang loundry saja

  17. selamat malam…
    mau nanya kalo lulusan S1 teknik bisa masuk STPI gak ?tapi umurnya sebelum 23 ? tolong dibantu ya infonya makasih

    • saran untuk kamu, jika kamu benar-benar berminat dan sanggup, ikuti saja testnya , biar jelas kalau memang harus mundur dari medan perang, bukan mundur sebelum bertarung, tapi jika kamu tidak benar2 berminat, tidak usah ikut test, sayang banget biaya testnya :)

  18. kak sekarang aq kelas 2 sma,aq ingin sekali menjadi pilot,aq mau nanya apa cewek yang kurus bisa memenuhi persyaratannya apa gak ???

  19. Assalamualaikum kak. mau nanya
    maksudnya tes kesehatan pada tahap gigi itu gimana? mohon penjelesanya ya kak. soalnya saya nyari penjelasan itu ndak ada
    terimaksih ya kak sebelumnya

  20. kak..klo saya ketinggalan informasi untuk daftar ulang bagaimna kak??
    masih bisa tidak ikut test???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s