SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA BARU 2011 POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR


Politeknik Ilmu Pelayaran di Makassar pada Tahun Akademik 2011/2012 memanggil pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk dididik menjadi Perwira Pelayaran Niaga melalui Pendidikan Pembentukan Pelaut pada Program Pendidikan Diploma IV Pelayaran (ANT-II/ATT-II) Program Studi Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan dengan ketentuan sebagai berikut:

I. PROGRAM DIKLAT / PROGRAM STUDI

Program Diklat yang dibuka untuk Tahun Akademik 2011/2012 adalah Program Pendidikan Diploma IV Pelayaran(ANT-III/ATT-II) dengan 3(tiga) Program Studi sebagai berikut:

  1. Program Studi Nautika, dengan kompetensi Ahli Nautika Tingkat II ( ANT-II + Diploma – IV Pelayaran)
  2. Program Studi Teknika, dengan kompetensi Ahli Teknika Tingkat II ( ATT-II + Diploma – IV Pelayaran)
  3. Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan kepelabuhanan dengan kompetensi Ahli Manajemen Angkutan laut dan Kepelabuhanan (Diploma IV)

II. POLA PENERIMAAN
1. Melalui Jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDB)
Penerimaan calon taruna melalui jalur Penelusuran Minat dan Bakat dengan syarat sebagai berikut:

  • Berasal dari sekolah unggulan yang ditetapkan oleh Diknas setempat.
  • Masuk rangking 10 besar di sekolah dengan dibuktikan oleh surat keterangan dari kepala sekolah.
  • Nilai pelajaran bahasa Inggris, Matematika dan Fisika masing-masing minimal 7 (tujuh) dengan dibuktikan melalui raport kelas I,II,dan kelas III semester I.
  • Lulus UAN

2. Melalui jalur Umum
Penerimaan calon taruna melalui jalur umum dengan syarat sebagai berikut:

  • Bagi yang masih duduk di kelas III SMA/MA/SMK menyerahkan photo copy raport kelas I,II dan kelas III semester I, surat keterangan dari kepala sekolah selambat-lambatnya 1 minggu setelah dinyatakan lulus UAN.
  • Yang telah lulus SMA/MA/SMK menyerahkan photo copy raport kelas I,II, dan kelas III dan photo copy nilai asli UAN.

III. PENDAFTARAN DAN SELEKSI

1. Tempat Pendaftaran/lokasi seleksi

  • Tempat pendaftaran pada kampus PIP Makassar Jalan Tentara Pelajar No.173 Makassar Telp.(0411) 316975,322297,31474 dan 320044 setiap hari senin sd. sabtu jam 08.00 sd. 15.30 WITA.
  • Calon peserta seleksi melalui PMDB maupun melalui seleksi umum datang langsung pada tempat pendaftaran ( tidak boleh diwakili) dengan membawa persyaratan yang ditetapkan.

2.  Waktu

Pendaftaran dibuka mulai 21 Februari s/d 25 Juni 2011, pada jam kerja.

3. Persyaratan pendaftaran

  • Usia maksimum 23 tahun pada bulan September 2011 (menyerahkan legalisir foto copy Akte Kelahiran/ Akte Kenal Lahir);
  • Jenis kelamin pria atau wanita;
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita;
  • Menyerahkan Surat Keterangan belum menikah dari Kelurahan;
  • Menyerahkan Surat Pernyataan sanggup tidak menikah selama pendidikan;
  • Menyerahkan Pas photo terbaru ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar;
  • Menyerahkan foto copy (legalisir) STTB/NUAN/SKHUN dan menunjukkan aslinya.
  • Menyerahkan foto copy (legalisir) Buku raport kelas I dan II serta kelas III semester I
  • Menyerahkan foto copy (legalisir) dan Asli Surat Keterangan Catatn Kepolisian(SKCK)
  • Bagi yang masih duduk di kelas III dengan Surat Keterangan dari Kepala sekolah sebagai peserta UAN
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp.75.000,- pada Bank yang telah di tunjuk

4. Bagi Pendaftar yang memilih jurusan:

  • NAUTIKA, adalah :
  • Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMU/MA (IPA), atau
  • DTPN – I + ANT – IV, SMK Pelayaran + ANT – IV
  • TEKNIKA, adalah :
  • Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMU/MA (IPA), atau
  • Lulusan SMK/MAK jurusan mesin, listrik, otomotoif dan elektronika
  • DTPN – I + ANT – IV, SMK Pelayaran + ANT – IV
  • KLK, adalah:
  • Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMU/MA (IPA/IPS)
  • SMA/MAK jurusan Akuntansi/Manajemen

IV. TATA CARA PENDAFTARAN

Lokasi Kota Makassar dan sekitarnya :

  • Peserta datang langsung ke tempat pendaftaran dan petugas pendaftaran mangukur tinggi dan berat badan.
  • Mengisi formulir pendaftaran yang di sediakan panitia SIPENCATAR
  • Melengkapi persyaratan administrasi tersebut butir 3.

Lokasi Luar Kota Makassar:

  • Peserta Pendaftaran mengambil formulir pada tempat pendaftaran yang telah di tunjuk.
  • Membayar biaya registrasi/ pendaftaran pada bank yang di tunjuk
  • Menyiapkan persyaratan dokumen yang ditentukan
  • Melakukan pemerikasaan kesehatan pada rumah sakit yang ditunjuk
  • Mengirim(perhatikan jadwal seleksi)berkas persyaratan Seleksi Penerimaan calon taruna PIP Makassar berupa:
  • Formulir pendaftaran
  • Kwitansi bukti setoran biaya registrasi/pendaftran
  • Dokumen persyaratan seleksi administrasi,kesehatan dan peringkta akademik(potensi akademik)
  • Berkas persyaratan dikirim dengan alamat : Panitia Sipencatar PIP Makassar jalan tentara pelajar No.173 makassar 90172
  • Mengirim sms berita pendaftaran pada salah satu nomor HP berikut ini:
  • Mustamin, Mpd.M.Mar( 08124229606 )
  • Semuel Palembangan,MT.,MMar. (08124240281)
  • M.Suaib Rahman,Msi (08164387472)
  • Siti Syamsiah.MAP( 081242491125)
  • Calon peserta Sipencatar yang memenuhi syarat akan dipanggil untuk mengikuti Seleksi Wawancara dan Kesamaptaan sebelum Penentuan Hasil Seleksi

V. KOMPONEN SELEKSI

Unsur- Unsur Seleksi

  • Seleksi Adiministrasi
  • Seleksi Kesehatan oleh Dokter/Rumah Sakit yang direkomendasikan PIP Makassar
  • Seleksi Kesamaptaan
  • Seleksi Wawancara
  • Seleksi Peringkat Akademik.(Potensi Akademik)
  • Penentuan Hasil Seleksi.

Tahap Seleksi

  • Tahap I,Seleksi Adiministrasi
  • Tahap II, Ujian/test Kesehatan
  • Tahap III, Ujian/test Kesamaptaan
  • Tahap IV, Ujian/Test Potensi Akademik
  • Tahap V, Pemeriksaan Psikologis
  • Tahap VI, Ujian/Test Wawancara

Pelaksanaan Seleksi

  • Pendaftaran – 21 Februari sd. 25 Juni 2011
  • Pengarahan – 22 Februari sd. 25 Juni 2011
  • Seleksi Potensi AkAdemik – 27 Juni 2011
  • Pengumuman Hasil TPA – 28 Juni 2011
  • Seleksi Kesehatan – 06 sd. 13 Juli 2011
  • Seleksi Kesamaptaan – 06 sd. 13 Juli 2011
  • Pemeriksaan Psikologis – 06 sd. 13 Juli 2011
  • Seleksi Wawancara – 06 sd. 13 Juli 2011
  • Pengumuman tahap akhir ujian/test – 28 Juli 2011
  • Pendaftaran Ulang – 28 Juli 2011 sd. 01 Agustus 2011
  • Pengukuran Pakaian/atribut – 28 Juli 2011 sd. 01 Agustus 2011
  • Satu Atap(masuk asrama) – 02 Agustus 2011
  • Diklat Orientasi Pembelajaran Kepelautan – 04 Agustus 2011
  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus/diterima menjadi calon taruna yang mendaftar dan seleksi kesehatannya di luar PIP makassar dapat dilakukan Test Kesehatan Ulang. – 28 Juli sd. 01 Agustus 2011.

VI. LAIN – LAIN

1. Persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh peserta yang dinyatakan lulus / diterima masuk pendidikan, adalah sebagai berikut:

  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus/diterima menjadi calon taruna, pada saat resgistrasi diharuskan membayar biaya masuk pendidikan yang besarnya akan diinformasikan kemudian
  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus/diterima menjadi calon taruna dan telah mebayar biaya masuk pendidikan, biaya tersebut tidak akan dapat ditarik kembali
  • Bagi peserta yang dinyatakan lulus/diterima menjadi calon taruna akan dilakukan Pemeriksaan Psikologis dalam rangka kegiatan pembinaan sikap dan perilaku serta pembinaan akademik

2. Jadwal dan persyaratan sewaktu-waktu dapat berubah yang akan disampaikan melalui pengumuman tertulis sehingga para calon taruna agar memperhatikan perkembangan seksama pengumuman Sipencatar 2011

BERKAS ASLI DAPAT DI UNDUH DARI:

HAL 1

HAL 2

HAL 3

Sumber : PIP MAKASSAR

About these ads

One response to “SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA BARU 2011 POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s