PENERIMAAN TARUNA BARU TAHUN AKADEMIK 2013 – STTD Bekasi, PKTJ Tegal, BPPTD Palembang, STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, BP2IP Surabaya, STPI Curug, ATKP Medan, ATKP Makassar, ATKP Surabaya


Badan Pengembangan SDM Perhubungan pada Tahun Akademik 2013 menerima para pemuda/pemudi Warga Negara Indonesia untuk dididik menjadi Taruna/Taruni Diklat Perhubungan dalam berbagai program sebagai berikut:

  • PROGRAM STUDI

Picture1

  • PERSYARATAN ADMINISTRASI
  1. Usia maksimum 23 tahun pada bulan Agustus 2013;
  2. Jenis Kelamin : Pria / Wanita;
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan surat  pernyataan;
  4. Tinggi Badan minimal Pria 160 Cm dan Wanita 155 Cm;
  5. Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar berwarna latar belakang merah dan fotocopy STTB, Nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan / desa;
  6. Bagi yang masih duduk di Kelas III SLTA, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
  7. Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah)  yang telah disetorkan
    • Ke Rekening Bendahara Penerima, bagi yang mendaftar pada UPT BPSDM Perhubungan;
    • Ke PT. Bank BNI Tbk Kantor Cabang Utama Harmoni atas nama Rekening Bendahara Penerima Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor 0018315478 atau bukti Pos Wesel yang ditujukan Kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Merdeka Timur No.5 Jakarta 10110, bagi yang mendaftar pada Dinas Perhubungan.
  •  TATACARA   PENDAFTARAN
  1.  Peserta datang sendiri ke Lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan atau dapat diakses ke Website lnstitusi Diklat Perhubungan masing-masing;
  2. Lokasi pendaftaran dan tempat tes sebagai berikut :
    • Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan SDM Perhubungan:
      1. STTD Bekasi – Jl. Raya Setu   KM.3,5 Cibuntu, Cibitung  Bekasi, Tlp.(021)8254640,82608995-6
      2. STIP Jakarta – Jl. Marunda Raya, Jakarta  Utara Tlp. (021)44834345
      3. STPI Curug – Jl. Raya PLPI STPI Curug, Tangerang  Tlp.(021)5982204-5  Ext.527
      4. BPPTD  Palembang – Jl. Sabar Jaya  No. 116 Perajin, Mariana Palembang Tlp.(0711)7537263
      5. BPPTD Bali – Jl. Batu Yang No.109 X Batu Bulan, Gianyar Bali Tlp. (0361)291103
      6. PKTJ/POLTRAN Tegal  - Jl. Semeru No.3 Tegal Tlp.(0283)351061
      7.  PIP Semarang  - Jl. Singosari No. 2A Semarang Tlp.( 024)8311527
      8. PIP Makassar – Jl. Tentara Pelajar No.173 Makassar Tlp. (0411)316975
      9. BP2IP I Poltekpel Surabaya – Jl. Gunung Anyar Blvd. No. 1, Rungkut, Surabaya Hp. 081235734699 , Fax.(031)8714652
      10. ATKP Medan – Jl. Penerbangan  No.85 Padang Bulan Km.8,5 Medan Tlp.(061)8360675
      11. ATKP Surabaya – Jl. Jemur Andayani  1173 Wonocolo Surabaya Tlp.(031)8410871
      12. ATKP Makassar – Jl. Poros Makassar Maros, Km 25 Mandai Sulsel Tlp. (0411)373212
      13. BPP Penerbangan Jayapura  - Jl. Kayu Batu No. 6 Jayapura 99117 Po Box 1324 Tlp.(0967)541049
      14. BPP Penerbangan Palembang – Jl. Adi Sucipto,Talang Betutu Palembang Tlp. (0711)410930
      15. BP2IP Sorong – Jl. Tanjung Saoka No.1 Distrik Sorong Barat Tlp. 08179152858
      16. BP2IP Aceh- Komplek BP2IP Aceh, Jl. Malahayati KM. 19 Aceh Besar- Prov. Aceh
    • Dinas Perhubungan :
      1. Dishubkominfo Prov. Kalimantan Tengah Jl. S. Parman No.1 Palangkaraya Tlp. (0536) 3221090
      2. Dishubkominfo Prov. Sulawesi Tengah Jl. R.A Kartini No.35 Palu Tlp.0 (0451) 422196 , Fax. (0451) 423039
      3. Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No. 35, Manado Tlp. (0431) 867052
      4. Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara Timur Jl. Palapa No. 17 Kupang Tlp.(0380) 833691,831321
      5. Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram Telp. (0370) 633735,637484
      6. Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh, No. 12 Padang Telp. (0751) 40332
      7. Dinas Perhubungan Prov. Maluku Jl. Pattimura No. 21, Ambon, Maluku Telp.(0911) 352852
      8. Dishubkominfo Prov. Papua Barat, Manokwari.
  • JENIS DAN TAHAP SELEKSI
  1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi ;
  2. Seleksi Potensi Akademik;
  3. Seleksi  Kesehatan, Kesamaptaan,  Psikotest dan Wawancara  dilaksanakan  di masing-masing  lokasi pendaftaran  berdasarkan  kriteria yang telah ditetapkan
  4. Kelulusan ditentukan 2 (dua) tahap yaitu Hasil Seleksi Potensi Akademik dan Pantukhir.
  • LAIN – LAIN
  1. Pendaftaran dimulai tanggal 13 Februari s.d. 31 Mei 2013
  2. Seleksi Akademik dilaksanakan pada tanggal4 Juni 2013
  3. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Diklat Perhubungan;
  4. Hasil seleksi potensi akademik , dan pantukhir akan diumumkan di tempat pendaftaran
  5. Program Studi STTD Bekasi dan PKTJ Tegal dapat menerima peserta berstatus PNS/BUMN yang mendapat tugas belajar dari lnstansinya dengan usia maksimum 27 tahun pada bulan Agustus 2013
  6. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan
  7. Bagi Pendaftar yang berdomisili di  wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pendaftaran dilakukan di masing-masing sekolah yang dituju

Sumber : Website Resmi BPSDM Kementerian Perhubungan

DOWNLOAD PENGUMUMAN RESMI

  • PENERIMAAN JALUR EKSTENSI STTD BEKASI
  1. PENGUMUMAN PENERIMAAN TARUNA DIV EKSTENSI 2013
  2. FORM PENDAFTARAN SIPENCATAR D IV LANJUTAN 2013

SURAT PENERIMAAN TARUNA D IV EKSTENSI 2013

About these ads

253 responses to “PENERIMAAN TARUNA BARU TAHUN AKADEMIK 2013 – STTD Bekasi, PKTJ Tegal, BPPTD Palembang, STIP Jakarta, PIP Semarang, PIP Makassar, BP2IP Surabaya, STPI Curug, ATKP Medan, ATKP Makassar, ATKP Surabaya

  1. Kak admin, itu yg prosedur pendaftaran, peserta wajib datang langsung ke STTD nya apa bsa daftar online? Kalo bsa online, pengukuran tnggi sma berat bdannya kapan? Mohon bantuannya kakak ^_^

    • kamu bisa mendaftar di tempat -tempat ini :

      STTD Bekasi – Jl. Raya Setu KM.3,5 Cibuntu, Cibitung Bekasi, Tlp.(021)8254640,82608995-6
      STIP Jakarta – Jl. Marunda Raya, Jakarta Utara Tlp. (021)44834345
      STPI Curug – Jl. Raya PLPI STPI Curug, Tangerang Tlp.(021)5982204-5 Ext.527
      BPPTD Palembang – Jl. Sabar Jaya No. 116 Perajin, Mariana Palembang Tlp.(0711)7537263
      BPPTD Bali – Jl. Batu Yang No.109 X Batu Bulan, Gianyar Bali Tlp. (0361)291103
      PKTJ Tegal – Jl. Semeru No.3 Tegal Tlp.(0283)351061
      PIP Semarang – Jl. Singosari No. 2A Semarang Tlp.( 024)8311527
      PIP Makassar – Jl. Tentara Pelajar No.173 Makassar Tlp. (0411)316975
      BP2IP I Poltekpel Surabaya – Jl. Gunung Anyar Blvd. No. 1, Rungkut, Surabaya Hp. 081235734699 , Fax.(031)8714652
      ATKP Medan – Jl. Penerbangan No.85 Padang Bulan Km.8,5 Medan Tlp.(061)8360675
      ATKP Surabaya – Jl. Jemur Andayani 1173 Wonocolo Surabaya Tlp.(031)8410871
      ATKP Makassar – Jl. Poros Makassar Maros, Km 25 Mandai Sulsel Tlp. (0411)373212
      BPP Penerbangan Jayapura – Jl. Kayu Batu No. 6 Jayapura 99117 Po Box 1324 Tlp.(0967)541049
      BPP Penerbangan Palembang – Jl. Adi Sucipto,Talang Betutu Palembang Tlp. (0711)410930
      BP2IP Sorong – Jl. Tanjung Saoka No.1 Distrik Sorong Barat Tlp. 08179152858
      BP2IP Aceh- Komplek BP2IP Aceh, Jl. Malahayati KM. 19 Aceh Besar- Prov. Aceh
      Dinas Perhubungan :
      Dishubkominfo Prov. Kalimantan Tengah Jl. S. Parman No.1 Palangkaraya Tlp. (0536) 3221090
      Dishubkominfo Prov. Sulawesi Tengah Jl. R.A Kartini No.35 Palu Tlp.0 (0451) 422196 , Fax. (0451) 423039
      Dinas Perhubungan Prov. Sulawesi Utara Jl. RE Martadinata No. 35, Manado Tlp. (0431) 867052
      Dinas Perhubungan Prov. Nusa Tenggara Timur Jl. Palapa No. 17 Kupang Tlp.(0380) 833691,831321
      Dishubkominfo Prov. Nusa Tenggara Barat Jl. Langko No. 49 Kota Mataram Telp. (0370) 633735,637484
      Dishubkominfo Prov. Sumatera Barat Jl. Raden Saleh, No. 12 Padang Telp. (0751) 40332
      Dinas Perhubungan Prov. Maluku Jl. Pattimura No. 21, Ambon, Maluku Telp.(0911) 352852
      Dishubkominfo Prov. Papua Barat, Manokwari.

      atau , coba akses website sekolah atau akademi yang kamu tuju, barangkali ada disediakan pendaftaran onlinenya, kalau di website http://sttd.ac.id/ , saya lihat tidak ada :D

      • kalau matanya minus 1,5 gmana ?
        apa boleh dftar sttd
        trus materi yg diujikan nnti materi apa aja?

  2. jadi saya harus datang langsung ke STTD ? oh iya, biaya asrama, makan, buku, itu ditanggung taruni ya kak?

      • saya calon sipencantar 2013,,saya mau menanyakan kalo pengertian konfirmasi sttd-bekasi apa ya

  3. kak, maaf info ini udah beneran akurat? soalnya sya buka situs resmi sttd.ac.id belum ada info resminya kak.

  4. mohon izin, mau tanya masalah biaya pendidikan,asrama,dan makan ditanggung oleh STTD atau oleh Taruna ?! terima kasih.

  5. admin… Berarti kalo saya dftr STTD di PIP semarang bisa dong? Gak hrus kebekasi… Soalnya tmpt tggl sya disolo..

    • yang saya tahu, bisa dilakukan disetiap UPT BPSDM Kementerian Perhubungan yang ditunjuk, salah satunya PIP Semarang, periksa baik-baik berkas pengumumannya sebelum bertanya , ada di poin nomor 7 :D :D

  6. kak,, mau tanya nih,, ukuran tinggi badannya untuk wanita kan 155 cm tapi kalau ukuran berat badannya itu minimal berapa yah,,???

    • bisa , untuk jurusan tertentu, tapi dalam proses seleksi, jika ada peserta yang lebih baik, bisa saja di utamakan yang lebih baik tersebut, tapi tidak usah mundur sebelum seleksi kalau permasalahan yang anda keluhkan tidak disebutkan dalam syarat mengikuti seleksi

  7. min,sya tinggal di bandung apakah bisa mendaftar di sttd bekasi atau jakarta??? dan lahir 10 september 1990 apakah masih bisa mendaftar??

  8. min kalau,sttd ni sbenernya iktan dinas g? kog biayanya masih d.tnggung sendiri?mohon kelesannya ya min?

    • ikatan dinas itu belum tentu gratis biaya kuliahnya , kalau judulnya beasiswa , baru boleh berfikir gratis , ikatan dinas maksudnya setelah selesai pendidikan akan terikat masa kerja dengan isntitusi yang terkait, jadi bisa saja sewaktu pendidikan disubsidi oleh penyelenggara secara keseluruhan, atau setengah atau tidak sama sekali, jadi kalau mau kejelasannya tanyakan langsung kepada panitianya di tempat anda mendaftar.

    • kalau yang terdekat di bekasi, ya harus ke bekasi dong, masa mau nyuruh panitianya datang ke garut buat kamu doank :D :D , kan yang mau test kamunya , kalau sekolah yang kamu tuju ada fasilitas pendaftaran onlinenya, di coba dulu baca dulu syaratnya, trus daftar deh

  9. bang, mau nanya… biaya kuliah nya di sttd sampe lulus kira2 ad 10jt an g?? misal yg D3…mohon di bales y bang….

    • mungkin mencapai nilai itu , karena biasanya Biaya asrama, permakanan, pakaian seragam dan buku selama pendidikan ditanggung taruna/i; sedangkan biaya pendidikan di subsidi pemerintah . Namun untuk kepastiannya, tanyakan langsung saya ke panitia resminya .

  10. Mas, yang d PKTJ Tegal ada jalur khusus juga nggx? Apa yang jalur khusus cuma ada d STTD Bekasi?? Makasih

  11. Min saya kan dari tegal… saya Mau daftar sttd perkretaapian… bisa gag saya daftar Di tegal aja Nda usah Di bekasi’a????

  12. Min tes akedemiknya seperti ap mata pljrn ap Ipa,mtk,b.ing,atau TPA (psikologi)?mhn dijwb y minmakash :)

  13. min tanya nh, kalo saya mau daftar PIP sm STTD trus tesnya kayak gimana itu ya? makasih sebelumnya, infony bermanfaat

  14. min mau tanya kalo yg BPPTD palembang D.III LLASDP itu ikatan dinas jg gak ?
    trus rincian biaya perkuliahanny brp ?
    mohon infony makasi :)

    • rincian biaya silahkan tanyakan ke pantianya langsung saja, karena pada umumnya setiap tahunnya berbeda, yang pasti biaya kuliahnya lebih terjangkau dari pada di universitas :D , jika ada program ikatan dinas , biasanya disampaikan pada pengumuman :)

  15. kk admin mau tnya? sayakan masih belum tau nilai UN/STTB lulus aja masih lama(kelas 3 tahun ini) la..di persyaratanya kok di haruskan.. atau gmn kk admin? mohon bantuannya? dan masalh skck tahun lalu ada tp di thun skrng g ada apa di cantumkan?

    • itu tidak masalah adekku, minta saja sama bapak kepala sekolah surat keterangan / surat pengantar yang menyatakan bahwa kamu adalah kelas 3 peserta UN , sebagai pengganti sementara nilai UN yang sebenarnya, lampirkan pada saat mendaftar, nanti kalau hasil UN sudah keluar, baru diserahkan kembali ke panitia nilai UN nya :D :D oke ??

  16. mata minus maksimal berapa mas? taun kemarin aku daftar PIP Semarng mata minus maksimalnya kalo ga salah 2, kalo di STTD berapa mas? thanks

  17. maaf saya mau bertanya sedikit, lokasi saya di Tangerang, dam saya ingin mendaftar di ATKP surabaya, apakah saya mendaftar dan ikut tes harus di surabaya langsung atau bisa di Diklat perhubungan terdekat dengan daerah saya? misalnya STPI curug?

    terima kasih,

  18. kak, persyaratan masuk STTD nya pake nilai raport gak??
    .kalo pake,trus dr semester berapa aja..?
    .suwun. . .

  19. andaikan saja kelahiran 12 mei 1989 masih bisa…..aq mao masuk neh…coba batas nya sampe umur 25 tahun kan aq bisa masuk..

  20. mas mau tanya…atkp surabaya itu sudah ikatan dinas dengan mana ya mas?

    klo saya di solo yg terdekat dmana ya mas

    • untuk tahun ini kurang paham infonya , mudah2an pasti dapat kerja deh kalau rajin2 :) ..dunia penerbangan masih butuh banyak sdm di semua jurusan , nah.. kalau dari solo , spertinya lebih dekat ke PIP Semarang

  21. mas…
    klo mau daftar di atkp surabaya tp lewat pip semarang bisa ga? .tolong dibales mas..penting
    makasih

  22. temen2 dan kk ada yang sudah mendaftar dan lulus tes administrasi g? bagi pengalaman dong..!

  23. Membawa bukti pembayaran
    uang pendaftaran
    Ke Rekening Bendahara
    Penerima, bagi yang
    mendaftar pada UPT
    BPSDM Perhubungan;

    itu maksutnya kemana yaa? dan brp nomor rekeningnya?
    thanks :)

    • Ke PT. Bank BNI Tbk Kantor Cabang Utama Harmoni atas nama Rekening Bendahara Penerima Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor 0018315478 atau bukti Pos Wesel yang ditujukan Kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Merdeka Timur No.5 Jakarta 10110, bagi yang mendaftar pada Dinas Perhubungan.

  24. min aku mau nanya, kan aku mau daftar pktj tegal secara online. di formulir onlinenya dia minta masukin email, trus kita disuruh ngecek di inbox/spam email buat liat kode validasinya. trus disuruh copy pastekan ke formulirnya. maslahnya aku udah coba, eh tapi di email aku enggak ada kode validasi yg muncul. trus aku harus gimana dong ? buat daftar ke diklatnya langsung jauh banget.- bantuin dong ?

  25. gan tes kesamaptaan nya ada renangnya gak ?? soalnya saya cuma bisa dikit” nih,,. gmna dong.>?

  26. di STTD kan ada jalur PMDK nah salah satu persyaratannya ” Termasuk dalam peringkat 10 besar setiap semester dan memiliki Nilai Raport mulai
    kelas I,II dan III pada setiap semester untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa
    Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika minimal 7.00 yang dinyatakan secara tertulis kepada
    Kepala Sekolah.”
    Lha itu maksudnya gimana ?

    • kalau kamu benar 10 besar setiap semester dan punya nilai 7.00 untuk mata pelajaran yang dimaksud , … nah supaya bisa pmdk , kamu temui kepala sekolahmu , minta surat keterangan bahwa kamu 10 besar terus dengan nilai di atas 7.00 terus , ntar pasti dibuatin kepala sekolah atau wakilnya …atau tata usahanya sekolah kamu ..

  27. Mas, pendaftaran di POLTRAN (PKTJ Tegal) masih berlangsung kan?
    Tapi kenapa saya tidak mendapat kode verifikasi dari pihak POLTRAN melalui email.
    Saya sudah mencoba berkali-kali, tetapi tetap saja tidak ada satupun email dari pihak POLTRAN.

    Bagaimana saya bisa daftar kalau kode Verifikasinya saja tidak dapat mas.

    • Ke PT. Bank BNI Tbk Kantor Cabang Utama Harmoni atas nama Rekening Bendahara Penerima Badan Pengembangan SDM Perhubungan Nomor 0018315478 atau bukti Pos Wesel yang ditujukan Kepada Badan Pengembangan SDM Perhubungan Jl. Merdeka Timur No.5 Jakarta 10110, bagi yang mendaftar pada Dinas Perhubungan.

      cek lagi di pengumuman resminya , di download saja yah , biar pasti :)

    • biasanya tergantung sedang berhadapan dengan pewawancara yang gimana ? kadang-kadang untung-untungan juga :D, dan juga pilihan jurusan nya , jurusan yang butuh komunikasi bahasa inggris pasti di tes

    • ada jurusan tertentu yang memberi syarat harus lulus tes buta warna, yang berhubungan dengan kelistrikan dan elektronika misalnya , nah…kalau belum yakin, test aja dulu :D

  28. Apakah ada perubahan jadwal tes akademik di PKTJ tegal
    kalo iya kapan coz beritanya gak jelas
    mksh.

  29. Min mau nanya kl kita sdh reg secara online trs langkah selanjutnya bg mn??apa kita langsung dtng ke tempat pendaftaran setor berkas?trs batas pendaftarannya sampai kpn??makasih

  30. Min mau nanya kl kita sdh reg secara online trs langkah selanjutnya bg mn???apakah langsung ke tempat pendaftaran setor berkas atau bg mn???trs pendaftarannya sampai kpn?makasih

  31. min katanya pendaftaran diundur ya? .
    terus bener gak, kalo misal kito lulus semua tahap tes, tapi gak kita ambil, itu bakal ada konsekuensi diblacklist kalo mau ikut PNS lagi ?

  32. untuk tesny katany di undur?
    apakah benar?
    krna di blogny sendiri tidak ad info yg menjelskan hal tersebt…

  33. maaf admin masuk tiba2,,sa taruna sttd dri mkw,, untuk pmbukaan sma testx bisa d laksankan di provinsi khususx d papua skrng adanya di manokwari jayapura sma sorong…
    klw mw nanya lagi langsung aja liat blok sttd.ac.id

  34. kak admin, saya mau tanya
    kan di pktj tegal ada pendaftaran onlinenya, lah itu hrs mengupload kelengkapan data seperti nilai uan, ijazah, sama sttb, sedangkan sttb dan ijazahnya belum keluar dari selokahan, itu gimana?
    pakenya skhu juga gak apa” kan :o

  35. min tes akademik asdp tanggal 25 juni .pengumumanya kapan ? nah trus misal tes kesemamtaan nya pada bulan puasa ini gmana ? ap bakal diundur apa tetep berlangsung?

  36. Min, pendaftaran Sipencatar STPI curug diperpanjang sampe tgl 20 juni itu bener ga sih? apa sudah tutup? saya buka web resminya, ga bisa di buka. mohon bantuannya. thanks.

  37. Maaf Kak,saya mau tanya. Apa bener tesNya STTD Bekasi diundur ?… Kalau diundur, tanggal berapa ya… Kak tesNya ???

  38. KAK,, BOLEH NANYA GK ??? TIDAK CACAT TUBUH ITU MAKSUD.A APA YA?? SEMUA ANGGOTA TUBUH HARUSS MULUSS ??APA ITU MAKSUD.A??
    Makasii :)

  39. oy kak.. saya ambil komunikasi penerbangann..
    ujian masuk.a gmn ya kak>>?? apa sama sulit.a dari jurusan2 yg laen??makasii :)

  40. Min, kalau gigi tidak rata,tetapi sehat tanpa ompong dan lubang Menurut anda gmana? Ada harapan bisa masuk apa sbaliknya?
    Mohon dibalas…
    Trims.. :D

  41. Min numpang nanya. untuk Tes Potensi Akademik nya mencakup pelajaran” IPA kah? atau hanya matematika dan B.Ing?
    terima kasih sebelumnya..

  42. min, DIII LLASDP untuk sekarang masih ikatan dinas gak ya? soalnya ada kabar kalau sekarang gak lagi ikatan dinas

  43. kak punya bentuk soal tes mtk fis dan b.ing sttd g? kalo punya blh krm k email sya tdk? trs mint rincian biaya gt donk kak

  44. mas mau tanya sebaik nya daftar STTD seblum UN atau setelah UN kan di situ pendaftaran di buka tgl 13 febuary/31 mei biar ga bolak balik minta solusi & saran nya mas …

  45. maaf min…pas tes akademik soal” nya ky’ soal ujian biasa ya ????
    atau lebih k penalaran ?
    trus tes ksamaptaan nya apa aja yg d tes slain lari sm renang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s